Strategi untuk Mengembangkan Karir menjadi Manajer Handal

Banyak orang yang mempertanyakan apakah mereka sudah menjadi seorang manager yang baik bagi karyawannya? Ukuran keberhasilan anda menjadi manager sukses itu bukan hanya pada diri anda namun juga pada semua bawahan anda.

Jika mereka mengganggap anda tidak bisa memimpin jangan harap anda bisa mendapat predikat manager sukses sekalipun omset perusahaan anda meningkat.

Ukuran menjadi manager sukses itu tak hanya pada berapa besar omset pada perusahaan anda tapi bagaimana anda bisa menjalin komunikasi yang baik pada karyawan. Ingat, manager bukan bekerja sendiri dalam perusahaan. Jadi anda bekerja tanpa karyawan anda tidak akan bisa mendapatkan omset ataupun kesuksesan.

Download Contoh Panduan Pengembangan Talent Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Begitu pentingnya peran karyawan anda sehingga jika anda ingin menjadi manager yang sukses anda harus mempertimbangkan karyawan juga.

Tugas seorang manager yang sukses itu banyak bahkan lebih dari sekedar manager dalam perusahaan. Anda tidak bisa hanya mengatur karyawan saja, memarahi mereka saat mereka tidak bisa bekerja dengan baik. Sudahkan anda memperhatikan mereka dan sudahkah mereka mengikuti aturan anda?

Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk bekerjasama dengan karyawan agar perusahaan solid dan berkembang. Anda bertanggung jawab dan mempertanggungkawabkan apa yang dikerjakan oleh karyawan anda.

Tugas anda juga untuk mencari solusi ketika ada masalah dalam perusahaan dan juga masalah pada karyawan anda. Anda harus memiliki sikap yang tegas dan tidak diktator pada karyawan.

Banyak tugas anda dan karyawaan yang akan membantu anda. Untuk menjadi manager sukses berikut beberapa kiat yang bisa anda lakukan:

• Tegas dan hindari diktator
Apakah dengan anda bersikap diktator pada karyawan mereka akan bekerja dengan baik? Tegas dan diktator itu beda sehingga hindarilah kesan diktator pada bawahan anda. Pastikan anda bisa memimpin mereka secara tegas agar mereka menghargai anda.

Buatlah peraturan tertulis pada perusahaan untuk mengatur karyawan sehingga mereka bisa disiplin dalam bekerja. Jika ada karyawan yang salah tegur dengan kata-kata yang sopan dan berikan pengarahan pada mereka. Beri hukuman pada karyawan saat mereka benar-benar melanggar peraturan perusahaan.

Jangan memerintahkan karyawan seenaknya dan mengatur mereka berlebihan agar anda tidak dikatakan diktator.

• Belajar tentang karyawan anda
Bukankah anda bekerja dengan karyawan tidak satu atau dua hari saja, tapi untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu belajarlah tentang mereka dan ketahuilah apa yang mereka butuhkan atau apa yang mereka inginkan. Jika anda bisa dekat dengan mereka tentu akan bisa membangun suasana kerja yang harmonis.

• Hargai kinerja karyawan
Jangan menganggap pekerjaan anda yang terbaik tapi hargailah pekerjaan semua karyawan anda. Menjadi manager sukses itu tidak akan terwujud jika anda tidak bekerja sama dengan karyawan.

Jadi hargailah mereka agar anda juga dihargai sekalipun mereka tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Motivasi kerja
Tak sedikit karyawan anda mulai malas bekerja namun bukan berarti anda harus memaki dan membentak mereka. Sikap manager yang baik adalah memberikan motivasi kepada karyawan dan berusaha memperbaiki mereka agar bisa bekerja dengan baik kembali.

• Tersenyum dengan tulus
Senyum itu murah dan berarti bagi anda demikian juga bagi karyawan anda. Dengan memberikan senyuman pada karyawan berarti anda menghargai mereka dan menganggap mereka itu berarti bagi anda.

Download Contoh Panduan Pengembangan Talent Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

• Dengarkan pendapat karyawan
Saat karyawan mengutarakan pendapat, hargailah mereka dan pertimbangkan apa yang mereka inginkan.
Dengan beberapa poin diatas mudah bagi anda untuk menjadi manager sukses dan mencapai kesuksesan bagi perusahaan.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!