Tahapan Kunci dalam Pengembangan Produk Baru

Menciptakan produk baru pastinya membutuhkan ide dan berbagai kreativitas yang tidak bisa dianggap main-main. Butuh berbagai tahapan hingga akhirnya suatu organisasi atau perusahaan mampu menciptakan pengembangan untuk produk baru yang bisa diterima oleh masyarakat.

Pengembangan untuk produk baru itu sendiri merupakan suatu hasil inovasi yang mana keberhasilannya akan sanagat ditentukan oleh kualitas dari produk yang dikembangan tersebut.

Melalui beberapa proses penting untuk pengembangan produk baru, pastinya sangat bagus untuk menjadi referensi dalam menciptakan sautu inovasi produk unggulan.

Dalam sebuah buku tentang marketing, ada beberapa hal yang diperlukan sebagai proses pengembangan produk baru, diantaranya adalah :

a. Idea generation
Idea generation atau pemunculan gagasan ini merupakan tahap awal dalam pengambangan produk baru. Idea atau ide itu sendiri merupakan sumber utama hingga akhirnya bisa menciptakan hasil yang maksimal. Melalui ide gagasan yang dikeluarkan adalah ide yang bagus, maka pastinya produk yang dikembangkan juga akan menjadi produk yang istimewa.

b. Idea screening
Sebelum idea generation diwujudkan, proses idea screening sangat diperlukan. Proses ini merupakan tahap yang untuk penyaringan gagasan. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan mempertimbangkan apakah ide tersebut layak dan memiliki prospek yang bagus, mengingat pengembangan produk baru perupakan tahap penting untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

c. Concept developing and testing
Ide yang telah dianggap layak tadi akhirnya dikembangkan menjadi beberapa alternatif konsep untuk produk yang dimaksud. Dalam hal ini diperlukan konsep yang berbeda pada gagasan produk dan juga dan juga citra produk. Suatu gagasan produk yang dimaksud adalah gagasan produk yang dipilih dan memungkinkan produk tersebut bisa dipasarkan dengan baik. Hal-hal tersebut pastinya bukan hal yang bisa dianggap sepele karena dengan produk yang berkualitas akan membantu memudahkan penjualan produk itu sendiri.

d. Business analysis
Setelah ditentukan konsep produk dan juga strategi pemasaran, maka tahap selanjutnya yang harus dilaksanakan oleh perusahaan adalah analisis usaha. Dalam hal ini yang deperlukan adalah hal-hal yang ebrkaitan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan, diataranya dalam hal penjualan, biaya produksi, laba, dan lain sebagainya.

e. Product development
Pengembangan produk ini perlu dilakukan untuk pengembangan produk baru dengan tujuan untuk mengembangkan konsep menjadi produk yang berupa fisik. Dalam hal ini diperlukan beberapa versi bentuk fisik untuk mendapatkan sebuah prototype yang sesuai dengan konsep produk dan biaya yang telah dianggarkan oleh perusahaan.

f. Pengujian pasar (market testing)
Pengujian pasar ini merupakan tahapan yang tidak kalah penting untuk memperkenalkan produk kepada konsumen secara langsung. Dengan demikian, produsen akan langsung mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap produk yang diperkenalkan. Selain itu produsen juga akan lebih memahami sejauh produk tersebut bisa dipasarkan.

g. Komersialisasi
Tahap ini menyangkut perencanaan dan juga pelaksanaan strategi mengenai produk baru. Dalam tahap ini perusahaan harus benar-benar memperhatikan mengenai strategi penjualan, dimana produk bisa dipasarkan, siapa pangsa pasarnya, bagaimana laba penjualannya dan lain-lain.

Beberapa proses tersebut merupakan tahapan yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam rangka pengembangan produk baru. Mengingat tingginya persaingan bisnis, hal-hal tersebut tentu harus benar-benar harus diterapkan agar produk yang dihasilkan benar-benar produk yang mampu membantu perusahaan dalam mencapaki tujuan bisnis.

Melalui proses tersebut, banyak manfaat yang akan diperoleh oleh perusahaan atau organisasi diataranya perusahaan bisa menghasilkan inovasi produk baru yang mendapat respon positif dari masyarakat melalui proses yang tepat.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!