Tahapan Meraup Dana Dengan Go Public

Dana merupakan sumber mata air bagi sebuath perusahaan. Semakin mengalir dana yang deras maka akan semakin subur pula perusahaan. Sebaliknya, berhentinya aliran dana sebuah perusahaan juga menjadi salah satu penyeban bangkrutnya perusahaan secara tiba-tiba.

Telah banyak contohnya perusahaan yang terpaksa gulung tikar karena tidak mampu mempertahankan sumber-sember pendanaan baik sumber dana internal maupun eksternal. Untuk itu, setiap pemilik perusahaan tak ada habisnya selalu mencari sumber-sumber dana baru agar perusahaan dapat terus berputar.

Ada banyak cara untuk mendapatkan sumber dana perusahaan salah satunya dengan go public. Instilah go public mungkin masih belum banyak difahami oleh masyarakat luas selain orang-orang yang memang sudah berkecimpung lama didunia perusahaan.

Go public intinya adalah mendapatkan dana dari pihak luar perusahaan yaitu masyarakat. bagaimana caranya? Caranya dengan menjual saham perusahaan kepada masyarakat yang berkenan membelinya.

Dengan begitu perusahaan berkemungkinan mendapat suntikan dana yang lumayan besar guna simpanan untuk kebutuhan-kebutuhan perusahaan. Hanya saja, caranya tak semudah yang dibayangkan. Ada syarat-syarat tertentu dan langkah-langkah yang diatur oleh BAPEPAM-LK agar proses go public perusahaan dapat berjalan dengan tertib.

Tahap Persiapan
Ditahap persiapan ini, pihak perusahaan harus melakukan rapat internal antara pemegang saham agar dapat diambil keputusan apakah para pemegang saham asli perusahaan bersedia menjual sebagian saham perusahaan pada masyarakat. Rapat ini biasa disebut dengan Rapat Umum pemegang Saham. Jika para pemegang saham sudah menyetuji kesepakatan untuk menjual sebagian saham perusahaan pada masyarakat umum, makan selanjutnya pihak perusahaan harus memilih para penanggung jawab yang akan memegang kendali proses go public.

– Lead underwriter. Lead underwriter adalah pihak yang bertanggunga jawab membantu emiten (perusahaan yang melakukan penjualan saham) selama proses penjualan saham. Disini lead underwriter banyak sekali terlibat karena harus mempersiapkan berbagai jenis dokumen yang dibutuhan, menjadi penanggung jawab dan menjamin penerbitan proses penjualan saham akan berjalan lancar.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

– Akuntan. Akuntan bertugas melakukan pemeriksaan kondisi keuangan secara menyeluruh pada perusahaan yang akan melakukan penjualan saham atau go public.

– Konsultan hukum. Konsultan hukum tentunya bertugas mengawasi dan memberikan pendapat dari sudut pandang kelegalan dan dari segi hukum. Agar selama proses go public tidakterjadi tindakan-tindakan yang melanggar hukum.

– Yang terakhir adalah notaris yang akan mengurus pembuatan surat-surat perjanjian dan surat-surat mengenai anggaran perusahaan.
Pengajuan Dan Pendaftaran

Setelah pihak internal perusahaan selesai melakukan berbagai persiapan, dilanjutkan dengan melakukan pendaftaran pada pihak BAPEPAM-LK agar proses go public dapat berjalan dengan lancar dan perusahaan dapat segera mendapatkan dana dari go public. Jangan lupa untuk menyertakan berbagai dokum yang telah disiapkan oleh notaris dan lead underwriter.

Tahap Penawaran
Setelah semua siap dan telah tercatat di BAPEPAM-LK, tibalah kita pada tahap inti. Yakni tahap menawarkan saham pada masayarakat. Pemebelian bisa dilakukan minimal satu hari kerja dan maksimal 5 hari kerja pada tempat-tempat penjualan yang sudah ditentukan. Pada tahap ini juga pihak investor hanya boleh membeli saham yang telah disediakan oleh perusahaan. Jika investor menginginkan membeli saham dalam jumlah besar, makan investor harus menunggu setelah proses pencatatan di pasar bursa efek.

Pencatatan Saham
Setelah perusahaan menemukan investor yang cocok, selanjutnya adalah mencatatkannya pada pasar bursa efek. Dengan begitu semua traksaksi saham telah resmi tercatan dan bersifat legal.

Proses go public memang cukup rumit bil