Talent Management dan Proses Seleksi Karyawan

Talent management merupakan upaya pemilik perusahaan bekerjasama dengan departemen HR untuk melacak sejarah serta efektifitas penempatan karyawan mulai dari perekrutan karyawan baru, observasi karyawan selama bekerja bahkan hingga karyawan mengundurkan diri.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa langkah penerimaan karyawan sudah tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Jika anda adalah seorang pemilik perusahaan, anda tentu tidak menginginkan masalah seperti karyawan yang tidak kompeten, karyawan yang tidak memiliki motivasi kerja, tingkat keluar kerja yang tinggi hingga karyawan yang kelihatannya datang ke kantor hanya untuk makan gaji buta karena tidak mendapat porsi pekerjaan yang tepat atau sesuai dengan keahliannya.

Download Contoh Panduan Pengembangan Talent Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Untuk menghindari hal tersebut, pemilik perusahaan atau pimpinan kantor harus bekerjasama dengan departemen HR agar proses rekrutmen sejak awal telah dilakukan dengan menerapkan konsep talent management agar setiap karyawan yang diterima dapat memberi sumbangsih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan.

Tips Melakukan Talent Management dalam Seleksi
Proses seleksi sebelum perekrutan karyawan merupakan proses yang dalam jangka panjang dapat menentukan efektifitas operasional sebuah perusahaan, karena proses ini menentukan mana karyawan potensial yang sesuai dengan nilai bisnis perusahaan dan mana yang tidak dapat memberikan sumbangsih berarti ke depannya.

Beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai upaya talent management dalam proses seleksi adalah:

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

1. Pastikan bahwa proses penerimaan karyawan yang dilakukan sudah sesuai kebutuhan; hal ini juga bisa berarti mengusulkan untuk menunda penerimaan karyawan baru serta lebih meningkatkan efektifitas kinerja karyawan yang sudah ada dengan cara tertentu.

2. Sebelum mengadakan proses penerimaan dan seleksi karyawan baru, adakan rapat formal dengan para manajer dan pihak eksekutif untuk menentukan tingkat kebutuhan akan karyawan baru.

3. Tinjau kembali deskripsi tugas serta rentang gaji untuk masing-masing posisi; jika perusahaan anda memiliki tingkat pindah kerja yang tinggi dan terdapat indikasi kesenjangan dalam deskripsi tugas dan gaji, jangan ragu untuk melakukan analisis dan pembahasan ulang.

4. Pastikan bahwa deskripsi tugas untuk masing-masing jabatan dianalisis dan ditentukan dengan teliti; jangan sampai terjadi perselisihan antara karyawan dan pihak perusahaan karena adanya ketidaksesuaian antara deskripsi tugas yang tertulis dengan tuntutan perusahaan.

5. Cobalah untuk mengutamakan seleksi internal agar posisi-posisi penting dapat diisi lebih dulu oleh karyawan yang memang sudah memiliki pengalaman bekerja di perusahaan; lebih baik lagi jika karyawan yang potensial didorong untuk melamar. Jangan lupa untuk memberi tanggapan dan umpan balik positif jika ada karyawan yang tidak diterima dalam proses seleksi internal.

6. Untuk seleksi eksternal, anda bisa mencoba bekerjasama dengan berbagai universitas untuk membuka program magang untuk mereka yang hampir lulus, memasang lowongan kerja di bulletin di fakultas bidang ilmu yang anda butuhkan serta memberikan presentasi tentang potensi kerja di perusahaan anda; hal ini merupakan langkah praktis untuk talent management jangka panjang.

Download Contoh Panduan Pengembangan Talent Management dan 9 Powerful HR Templates DISINI.

Proses seleksi dan rekrutmen dianggap langkah penting dalam talent management, namun mengingat kebutuhan sebagian besar perusahaan akan karyawan potensial yang dapat memberi kontribusi pada perusahaan untuk jangka panjang, ada baiknya jika proses talent management sudah dirumuskan dengan rinci dan dilakukan bahkan sebelum proses seleksi karyawan dimulai secara resmi.

Menentukan kebutuhan perusahaan secara tepat serta menyeleksi tenaga yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut membutuhkan pemikiran dan usaha yang tidak gampang, namun bila dilakukan secara konsisten akan membawa kesuksesan untuk perusahaan di masa depan.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!