Teori Motivasi dan Mengapa Anda Butuh Motivator?

Pernahkah anda melihat beberapa kalimat motivasi sehingga anda bisa merasakan suatu hal yang membuat anda semangat?

Motivasi bukan hanya untuk satu atau dua orang, hampir semua orang selalu membutuhkan motivasi, mereka menganggap hal ini adalah semangat untuk mencapai sesuatu. Bahkan banyak orang yang membutuhkan jasa seseorang untuk membuta mereka merasa lebih dari apa yang saat ini dimiliki.

Banyak orang yang mengartikan motivasi adalah hal yang luar biasa tanpa mereka sadari mereka selalu membutuhkan hal ini untuk suatu hal yang sedang dilakukan atau hal yang masih menjadi angan-angan. Mimpi bukanlah hal yang aneh namun dengan motivasi mereka bisa mewujudkan mimpinya.

Motivasi merupakan dorongan yang ditimbulkan dari dalam diri maupun luar yang menjadikan seseorang menjadi lebih bersemangat untuk melakukan suatu perbuatan yang bisa menjadikan impian atau angan-angan mereka sukses. Motivasi adalah kondisi internal yang mampu membangkitkan seseorang untuk bertindak, mendorong dan menciptakan apa yang mereka harapkan.

Dorongan yang timbul untuk menggerakkan seseorang diantaranya adalah dorongan internal dan eksternal. Dorongan tersebut kemudian menjadi hasrat, kebutuhan dan minat serta harapan maupun cita-cita.

Dorongan bisa terjadi karena adanya penghargaan dari luar. Dengan motivasi seseorang semakin tergerak untuk lebih maju karena dorongan tersebut adalah dampak dari interaksi yang terjadi antara seseorang dengan pihak eksternal. Motivasi akan menjadi suatu kekuatan yang luar biasa, tenaga atau daya penggerak sehingga menjadi suatu keadaan yang kompleks untuk menjadikan diri seseorang menjadi tergerak ke arah yang dituju.

Motivasi akan tumbuh dari dalam diri sendiri maupun dari pihak luar. Satu contoh yang sering anda lihat adalah motivasi yang diberikan kepada anak-anak dalam kegiatan belajar mengajar.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Motivasi akan menggerakkan mereka agar arah kegiatan belajar mengajar bisa lebih baik lagi. Motivasi yang diberikan untuk anak-anak akan memberikan dampak positif atau nilai yang lebih baik terhadap hasil belajar atau nilai mereka. Jika mereka tidak memiliki motivasi baik dari dalam maupun dari luar maka untuk mencapai hasil belajar yang maksimal akan sulit. Motivasi akan menggerakkan anak-anak untuk lebih aktif dalam proses belajar sehingga mereka bisa mendapatkan nilai yang memuaskan.

Mengapa Anda Butuh Motivasi
Setiap orang pasti sering mengalami suatu kondisi diamana mereka harus mengalami hal yang sangat pahit bahkan mereka sampai jatuh sakit dan terpuruk.

Dalam hidup yang dijalani setiap orang, semuanya tidak ada yang mulus, pasti ada batu sandungan baik besar maupun kecil yang bisa menghancurkan semangat anda. Karena itu banyak orang yang membutuhkan suatu dorongan atau penyemangat positif baik dari dalam diri mereka maupun dari luar. Dari dorongan tersebut anda bisa melihat berapa besar potensi yang anda miliki bahkan anda bsia mengukur apa yang menjadi kekurangan dalam diri sehingga merasa perlu adanya motivasi. Dengan motivasi seseorang bisa lebih bersemangat dan semakin terdorong untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu semua orang pasti membutuhkan motivasi baik, apapun profesinya dan dimana pun mereka berada.

Motivasi berguna pula untuk mindset seseorang sehingga mereka bisa menghilangkan mental yang jatuh. Mental seseorang yang jatuh tersebut akan menjadi boomerang dalam mencapai kesuksesan mereka sendiri. Motivasi akan memudahkan individu untuk berubah menjadi lebih baik dan selau berpikiran positif dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Motivasi dianggap juga sebagai proses belajar menuju hal yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Motivasi adalah guru yang paling efektif untuk mencapai hal yang tidak mungkin menjadi hal yang mungkin. Suatu saat bila seseorang mencapai kesuksesan mereka tetap membutuhkan motivasi untuk kesuksesan yang lebih tinggi levelnya.

Motivasi adalah proses belajar
Seseorang yang terpuruk, mereka bukannya kalah dalam mencapai apa yang diinginkan namun mereka mengalami kegagalan sesaat.

Motivasi dijadikan sebagai proses untuk mengenalkan diri untuk mengetahui dunia luar dan juga sebagai pengenalan terhadap hal-hal baru dalam diri seseorang. Seseorang akan semakin mengenal diri sendiri jika mereka memiliki motivasi yang kuat untuk terus berjuang dalam mencapai apa yang diinginkan.

Mereka yang memiliki ilmu pengetahuan tinggi bahkan memiliki banyak gelar, mereka juga bisa mengalami keterpurukan. Motivasi manusia lah yang digunakan untuk membangkitkan mereka.

Motivasi sebagai hal yang bisa menuntun seseorang untuk belajar lebih baik lagi dan memahami diri mereka sendiri.

Motivasi menjadi aspek dasar bagi seseorang untuk hidup dan menjalankan kegiatannya dengan baik. Motivasi akan menjadi dasar dari perilaku seseorang, bagaimana dia bertindak dan kapan dia bertindak. Untuk memahami diri sendiri seseorang perlu motivasi karena dengan adanya dorongan tersebut mereka akan mengubah tindakan yang kurang tepat menjadi lebih baik lagi.Di sinilah mereka belajar untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Motivasi menjadi proses berubah seseorang untuk menjadi diri sendiri yang lebih baik bahkan menjadi yang terbaik dari orang lain atau komunitasnya.

Pola perilaku dari suatu tindakan ditentukan oleh diri mereka sendiri bukan orang lain. Perilaku yang kurang tepat akan lebih cepat diperbaiki dengan adanya motivasi yang timbul dari luar dan dari dalam diri mereka.

Perilaku yang berubah karena dari dalam diri seseorang adalah suatu program yang bersifat bawaan sehingga dengan sedikit tekanan atau hal yang membuat tidak nyaman mereka akan mengubah perilaku agar hal tersebut menjadi nyaman dan lebih baik. Setiap manusia memiliki insting yang bisa diperlihatkan dari perilaku mereka. Tanp perilaku tetap atau insting ini seseorang tidak bisa hidup atau beraktivitas.

Dalam proses belajar manusia juga memiliki rangsangan sebagai sumber energy untuk memudahkan mereka mengubah perilaku yang kurang tepat. Proses belajar karena adanya dorongan menjadi rangsangan kuat seseorang. Motivasi dianggap sebagai sumber energy, hal ini sama dengan baterai yang bisa digunakan sebagai sumber energy untuk beberapa barang elektronik.

Tanpa baterai maka barang ekektronik tidak bisa digunakan, demikian juga dengan diri anda, tanpa motivasi mana mungkin proses belajar untuk memperbaiki keadaan atau diri sendiri bisa berjalan mulus?

Manusia tidak akan bertindak dengan tepat bila tidak ada rangsangan yang tepat pula. Bila mereka mendapatkan dorongan atau rangasangan yang salah, mereka justru akan bertindak kurang tepat.

Kadang seseorang yang terpuruk mereka cenderung bersifat diam, mudah emosi dan melampiaskan kemarahan pada orang lain. Jadi dalam proses belajar untuk berubah kearah yang lebih baik tersebut, seseorang membutuhkan motivasi yang kuat. Tanpa motivasi hal yang kurang baik sulit untuk dirubah.

Ruang lingkup motivasi manusia
Motivasi manusia sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial mereka, tempat lahir maupun tempat mereka saat ini. Lingkungan sosial akan membentuk perilaku dan motivasi manusia sangatlah dipengaruhi oleh lingkungan sosial tempat ia lahir dan berkembang. Lingkungan sosial yang satu membentuk individu yang berbeda dengan lingkungan sosial lainnya.

Tidak hanya perilaku, konsep-konsep pun tertanam pada konteks sosial. Konteks sosial yang berbeda memberikan arti yang berbeda pula pada konsep-konsep yang digunakan.

Lingkungan sosial bisa saja berupa lingkungan tempat tinggal, lingkungan tempat bekerja, tempat mendapatkan ilmu atau sekolah maupun tempat untuk bersosialisasi dengan orang lain. Ruang lingkup motivasi manusia memang luas, tidak hanya dari satu sudut pandang saja. Ada banyak hal yang bisa menjadi motivasi manusia, bahkan tidak sedikit motivasi timbul karena kegagalan seseorang.

Jika anda berinteraksi dengan orang lain hal ini akan bersifat instingtif dan mekanis, sayangnya hal ini kadang juga bisa menimbulkan hambatan. Hambatan tersebut bisa menurunkan interaksi anda terhadap orang lain bahkan kualitasnya juga akan menurun.

Lingkungan kerja yang anda jalani saat ini misalnya, dengan banyaknya relasi dalam suatu kantor maka kemungkinan besar terjadinya perselisihan atau pertengkaran sesama relasi dalam satu kantor juga bisa terjadi.

Bila seorang yang mengalami masalah dalam lingkungan tersebut dikucilkan dan tidak mendapatkan respon positif maka dia akan mengalami keterpurukan, menjadi pendiam dan bisa saja dia akan mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. Inilah mengapa motivasi bisa timbu dari lingkungan anda.

Saat terjadi masalah seperti diatas, seseorang membutuhkan motivasi agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Motivasi yang timbul dari dalam diri seseorang bisa mengubah apa yang menjadi keterbatasan dalam dirinya.

Demikian juga ketika mereka mendapatkan motivasi yang datang dari lingkungan sekitar. Masalah yang timbul oleh lingkungan maka motivasi pun juga bisa timbul dari lingkungan tersebut. Motivasi akan mengubah mindset mereka untuk menjadi lebih baik agar tidak terjadi masalah di lingkungan tersebut.

Area motivasi manusia diantaranya adalah cinta, seks, pencapaian impian atau cita-cita dan juga makanan. Beberapa hal itu adalah sesuatu yang bisa membangkitkan manusia untuk berubah.

Sekalipun ruang lingkup motivasi bisa terjadai karena lingkungan namun tujuan-tujuan yang mendasari motivasi tersebut adalah individu sendiri. Seseorang dianggap bergerak untuk mencapai tujuan yang dimaksud karena adanya motivasi dari dalam dan lingkungan sekitar. Motivasi dari luar atau lingkungan sekitar akan menimbulkan keinginan untuk mengejar sesuatu yang disebabkan oleh imbalan eksternal.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!