Tugas dan Peran Manajer Keuangan

Pada dasarnya suatu organisasi merupakan sebuah sistem yang di dalamnya terdapat subsistem atau bagian-bagian yang mempunyai fungsi, tugas dan peran yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan dari sebuah sistem tersebut. selain itu, bagian dari subsistem tersebut merupakan bagian yang sangat penting akan keberadaannya dalam organisasi.

Oleh karenanya jika salah satu subsistem di dalam organisasi rusak, hilang, atau bahkan tidak ada, maka, kinerja dari sebuah sistem atau organisasi tersebut akan terganggu atau bahkan gagal.

Salah saru bagian atau subsistem yang mempunyai peran vital tersebut di dalam organisasi ialah seorang manajer, atau pemimpin.

Ya, peranan seorang manajer dalam sebuah organisasi tentu merupakan sebuah syarat penting akan sebuah organisasi.

Hal tersebut dikarenakan bahwa peran seorang manajer akan sangat penting dalam kaitannya dengan mengkoordinasi, mengarahkan, membimbing, dan menggerakkan semua unit dalam organisasi untuk bekerja sesuai dengan fungsinya dalam sebuah organisasi. Nah, salah satu peran yang sangat penting seorang manajer ialah pada manajer bagian keuangan.

Apa itu manajer Keuangan?
Pada sebuah organisasi tentu bagian keuangan akan menjadi prioritas utama. Di mana pada bagian ini, organisasi akan bisa mengalokasikan dana dan mengatur keuangan mereka agar keuangan tetap stabil dan dapat digunakan secara baik dan secara efektif, dan seefisien.

Nah pada prinsipnya sendiri, seorang manajer keuangan ialah seseorang yang berada di puncak sebuah bagian dalam organisasi, yaitu bagian keuangan, yang mempunyai akses dan kemampuan, dan kewenangan dalam mengatur, menggunakan, dan mengalokasikan sumber daya keuangan di dalam organisasi, agar kinerja organisasi dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan, terutama dalam masalah finansial atau masalah keuangan organisasi.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Sehingga seorang manajer keuangan akan menjadi salah satu orang yang paling bertanggung jawab atas setiap aliran dana yang ada di dalam sebuah organisasi.

Lalu Apa yang Menjadi Tugas Seorang Manajer Keuangan?
Pada dasarnya seorang manajer keuangan ialah orang yang paling berwenang dan mempunyai kemampuan dalam mengelola sumber daya keuangan organisasi, sehingga dengan fungsinya tersebut, keuangan di dalam organisasi akan terus stabil dan dapat digunakan sesuai dengan kegunaannya, secara efektif dan efisien.

Sementara itu yang menjadi tugas utama seorang manajer keuangan ialah mengatur dan mengelola semua harta yang ada di dalam sebuah organisasi, baik harta organisasi, aset, dan piutang, utang, dan juga kas dalam organisasi.

Sehingga dengan tugas yang diembannya sebagai seorang manajer keuangan, maka seorang manajer keuangan akan mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terkait dengan pencapaian tujuan sebuah organisasi.

Selain sebagai orang yang berperan dalam mengelola dan mengalokasikan dana, seorang manajer keuangan juga mempunyai tugas dalam memperoleh dana,. Mencari dana merupakan suatu yang sangat penting. Oleh karenanya manajer keuangan haru bisa memanfaatkan sumber daya yang ada di dalam organisasi untuk mendapatkan dana.

Peran Manajer Keuangan
Sementara itu manajer keuangan juga mempunyai beberapa peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi, dimana seoran manajer keuangan sangat berperan dalam menentukan jumlah aktivitas yang layak diberikan dana untuk sebagi investasi dengan menggunakan sumber daya perusahaan yang ada.

Oleh karenanya setiap perusahaan yang ingin menggunakan dana untuk dijadikan investasi, maka harus meminta pertimbangan dari manajer keuangan, apakah investasi yang akan dilakukan oleh perusahaan ini pada saatnya nanti akan memperoleh keuntungan bagi perusahaan atau justru malah merugikan perusahaan.

Hal tersebut dikarenakan bahwa kualitas dan kemampuan yang dimiliki oleh seorang manajer keuangan ialah jelas akan bersangkutan dengan hal tersebut. sedangkan masalah tersebut, tentu seorang manajer keuangan jauh lebih tahu dari bagian lainnya.

Oleh karenanya, sebagai seorang yang memutuskan atas berbagai penggunaan dana maupun segala hal yang berkaitan dengan investasi, maka peran seorang manajer keuangan akan sangat penting dalam mencapai tujuan organisasi jangka panjang.

Selain itu seorang manajer keuangan juga sangat penting dengan hak dan wewenangnya dalam menggunakan dan menetapkan atas penggunaan atas surat-surat berharga yang dimiliki oleh organisasi. Dengan demikian apabila peran dan fungsi dari seorang manajer keuangan di dalam sebuah organisasi tidak tidak berjalan secara maksimal, maka kelangsungan dari organisasi tersebut akan dalam bahaya.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!