Tugas dan Peran Manajer Logistik dan Warehouse

Menurut Parker, manajemen merupakan seni dalam melaksanakan pekerjaan melalui banyak orang. Kemudain logistik dapat diartikan sebagai proses pengelolaan, pemindahan, dan atau penyimpanan barang, suku cadang, dan barang jadi dari supplier dari dan ke fasilitas perusahaan atau organisasi dan kepada pelanggan.

Logistik dapat disimpulkan adalah menyalurkan barang dari produsen melalui supplier agar sampai ke tangan konsumen.

Tujuan dari logistik sendiri adalah mengantarkan atau menyampaikan barang yang sudah jadi dan juga berbagai macam material dalam jumlah dan waktu yang tepat sesuai yang dibutuhkan, kemudian juga dalam keadaan yang layak dan kondisi yang bagus ke tempat yang ditujukan dengan total pembiayaan yang sesuai atau serendah mungkin. Pelaksanaan logistik sangat berkaitan dengan kondisi tempat dan waktu.

Kegunaan logistik sangat erat untuk fungsi dari organisasi, perusahaan, atau bahkan bisnis. Bahkan hampir semua kegiatan yang teorganisir dengan rapi pasti membutuhkan kegiatan logistik. Bentuk ketersediaan barang pada jumlah dan waktu yang tepat merupakan hasil dari kegiatan logistik.

Proses dari logistik harus didesain sedemikan rupa agar prosesnya lancar sesuai tujuan yang direncanakan. Oleh karena itu seorang yang berperang dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan logistik adalah seorang manajer logistik yang mengatur proses logistik.

Tugas seorang manajer logistik adalah melakukan manajemen logistik yaitu mengurus sistem untuk mengawasi proses arus dari logistik dari mulai penyimpanan, pengantaran yang strategis untuk material, bahan-bahan atau suku cadang , dan juga barang jadi atau produk akhir agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh organisasi yang terkait seperti perusahaan.

Tanggung jawab dari seorang manajer logistik tentu saja mengelola dan merencanakan sistem operasi khusus untuk organisasi terkait agar mampu mencapai tujuan bersama dengan memberi manfaat maksimal bagi organisasi dengan biaya operasi seminimal mungkin. Karakteristik utama dari logistik adalah sangat berhubungan erat dengan proses pemindahan atau penyimpanan barang atau material di tempat yang strategis.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Kemudian dalam distribusi fisik dari suatu barang atau integrasi pemindahan, dan juga manajemen operasi material, manajer logistik harus bisa melakukan manajemen logistik secara terpadu. Ada beberapa alasan mengapa harus melakukan manajemen logistik secara terpadu.

Yang pertama adalah adanya ketergantungan besar antara distribusi barang secara fisik dan juga operasi dari manajemen material untuk kemanfaatan organisasi. Kemudian konsep manajemen material dan distribusi fisik yang kurang tepat dapat menyebabkan gangguan selama proses distribusi. Untuk mengitegrasikan aktivitas dari distribusi fisik dan juga manajemen dari material, pengawasan merupakan hal yang penting dan harus dilakukan oleh manajer logistik.

Kebutuhan pemasaran yang tinggi dan juga kesadaran pentingnya trade off dapat menjadi rujukan sistem logistik yang lebih baik. Kebutuhan dan tujuan logistik tidak dapat dipenuhi hanya dengan peralatan teknologi saja. Suatu sistem yang tepat memengaruhi hasil dan proses dari logistik. Sedangkan konsep dari logistik yang terpadu dapat dibagi menjadi dua yaitu koordinasi logistik dan juga operasi logistik.

Pada dasarnya logistik sangat berkaitan erat dengan manajemen dari penyimpanan dan juga manajemen pemindahan material, barang, dan juga produk jadi dari organisasi seperti perusahaan produksi. Logistik merupakan komponen penting dari perusahaan produksi mulai dari pengiriman bahan mentah atau material, kemudian penyimpanan bahan atau produk jadi, hingga pengiriman barang ke tempat penjualan atau ke konsumen langsung.

Seorang manajer logistik memegang peranan penting dari proses tersebut. ada juga beberapa jenis proses logistik. Namun secara umum manajemen logistik adalah pengiriman dan penyimpanan barang material atau produk jadi.

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!