5 Manfaat Strategi Melakukan Big Data Marketing yang harus Diketahui

Big Data pasti sudah bukan lagi sesuatu yang asing di telingat. Istilah ini sudah sangat sering digembar-gemborkan. Namun pertanyaannya, apakah sudah semua orang memahami betul apa itu Big Data sebenarnya?

Pengertian Big Data

Jika didefinisikan secara sederhana, Big Data merupakan sekumpulan data yang telah disimpan baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur serta disimpan secara tradisional atau digital yang memiliki potensi besar untuk memaksimalkan informasi yang ingin diperoleh.

Dalam dunia bisnis, Big Data berisi tentang sekumpulan email pelanggan, informasi tentang loyalitas pelanggan, pembelian, rekam transaksi dan interaksi pelanggan di sosial media dengan brand yang Anda miliki.

Sejarah Big Data

Di dunia teknologi, Big Data bisa dibilang sebuah terobosan baru dalam bidang pengolahan, penyimpananhingga analisis data yang diperoleh dari berbagai sumber dalam jumlah yang besar. Software atau perangkat lunak yang digunakan untuk memproses Big Data pun tidak bisa hanya menggunakan software biasa, tetapi harus menggunakan software khusus.

Big Data muncul pertama kali pada tahun 2000an,dimana yang mencetuskannya adalah ahlai analisis industry Doug Laney, dimana ia menyebutkan tiga masalah yang biasanya terjadi dalam Big Data taua biasa disebut dengan ‘The 3V od Data’, dimana tiga masalah tersebut diantaranya:

  • Volume

Masalah soal data yang pertama yaitu volume data yang diperoleh dari suatu organisasi atau bisnis sangatlah besar. Misal seperti ini, sebuah perusahaan telekomunikasi melakukan record dari bebragai aktivitas browsing pengguna dalam satu hari. Ternyata dalam satu hari itu, terdapat 1 miliar record data dari pengguna, dan itu masih satu hari saja. Bayangkan jika satu bulan? Berapa banyak data record yang akan masuk? Itulah yang menjadi permasalahan. Memang benar, semua data tersebut bisa disimpan pada data warehouse, tetapi biaya yang akan dikeluarkan pastilah akan jauh lebih mahal dan itu mengapa volume seringkali jadi masalah.

  • Velocity

Masalah berikutnya yaitu soal velocity atau kecepatan data yang dihasilkan. Hal ini berkaitan dengan volume. Apabila volume yang masuk lebih banyak dibandingkan dengan velocitynya, maka hal itulah yang akan menyebabkan masalah timbul. Misalnya begini, sebuah perusahaan telekomunikasi selalu memproses data pelanggan secara realtime untuk mengetahui kualitas koneksi internet.

Jadi, bayangkan ada berapa banyak data yang akan masuk setiap menitnya dan kemudian disimpan lalu diproses ke software dan kemudian dianalisis? Tentunya akan sangat banyak dan pastinya akan mempengaruhi kecepatannya.

  • Varietas

Permasalahan yang lain dari Big Data yaitu variasi jenis data dan ini menjadi masalah utama yang sulit dihadapi jika masih menggunakan data warehouse. Mengapa? Karena data yang disimpan tak hanya satu jenis file saja, melainkan ada berbagai jenis file yang berbeda dan tipenya pun pasti beda, maka tak heran jika waktu yang dibutuhkan untuk memprosesnya juga akan lebih lama. Dan inilah mengapa dibutuhkan software khusus untuk pengolahannya agar permasalahan soal variasi jenis data bisa teratasi dengan baik.

Manfaat Big Data untuk Strategi Marketing Perusahaan

Jika di masalah lalu, kebanyakan perusahaan masih menyimpan seluruh rincian transaksi yang telah terjadi, informasi kontak pelanggan dan lain sebagainya dalam catatan prefensi tim sales maupun marketing, maka dengan kehadiran Big Data semuanya ikut berubah.

Kehadiran Big Data membuat perusahaan bisa langsung menggunakan software atau apalikasi untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan mudah. Tidak hanya itu, penetapan tujuan marketing juga akan lebih gampang. Dengan adanya digitalisasi data, tim sales marketing bisa melakukan analisis data dengan lebih mudah agar perusahaan lebih mudah lagi dalam menentukan pola perilaku yang akan digunakan untuk menginformasikan strategi marketing.

Manfaat Big Data untuk Bisnis

Big Data memiliki manfaat yang besar untuk keberlangsungan bisnis Anda, diantaranya yaitu:

  • Membantu untuk berhubungan dengan pelanggan

Setiap perusahaan pasti sangat ingin melakukan banyak inovasi penting di setiap produk yang diluncurkan. Tetapi salah satu kendalanya berada di konsumen atau pelanggan dari produk yang akan diluncurkan tersebut. Disinilah, peran penting dari Big Data. Melalui Big Data, perusahaan Anda bisa mengetahui bagaiman respons dari setiap pelanggan pada produk yang telah resmi dirilis.

Tidak hanya itu, Big Data juga akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana kebermintan pelanggan terhadap produk yang telah dikeluarkan itu dan perusahaan Anda bisa melakukan banyak inovasi untuk lebih memuaskan konsumen pada produk tersebut.

·         Memberikan strategi efektif dalam pemasaran

Tidak dapat dipungkiri kalau setiap perusahaan pastilah sangat menginginkan kalau produk yang dikeluarkan menjadi produk yang paling dibutuhkan oleh kebanyakan konsumen. Dengan begitu, setiap strategi yang diterapkan bisa berjalan dengan lancar dan disinilah peran besar dari Big Data yang akan memberikan hasil yang akurat ada strategi pemasaran perusahaan Anda.

Apabila perusahaan bisa mengerti bagaimana setiap konsumen membeli produk mereka dan alasan apa yang membuat mereka membeli produk tersebut, maka tentunya data-data akan sangat membantu perusahaan dalam menetapkan strategi pemasaran yang baik.

·         Mengoptimalkan media sosial

Melalui Big Data, Anda bisa mengoptimalkan penggunaan media sosial untuk lebih mengoptimalkan penjualan dari produk yang baru diluncurkan. Jadi, ketika ada pelanggan yang menyebut atau menuliskan nama produk Anda, maka perusahaan Anda akan jadi lebih teridentifikasi di media sosial.

·         Membantu memikat hati banyak pelanggan

Pelanggan memang menjadi subjek utama yang ingin dituju, dan setiap perusahaan pasti akan berusaha sekeras mungkin untuk mengetahui tingkat kepuasan dari pelanggan mereka. Tingkat kepuasan tersebut diperoleh dengan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan para pelanggan. Kehadiran Big Data akan memudahkan hal itu semua, jadi Anda bisa menganalisis setiap pelanggan melalui data yang diterima.

  • Membantu memenuhi target bisnis

Big Data sangat memiliki pengaruh besar pada strategi marketing yang akan lebih menghemat waktu dan anggaran. Melalui Big Data, Anda bisa melihat bagaimana kondisi pasar dalam waktu singkat dan selanjutnya bisa mengetahui bagaimana kondisi dari pelanggan Anda. Dengan mengetahui kondisi dari pelanggan Anda, maka dampak yang ditimbulkan akan sangat besar, salah satunya yaitu Anda bisa memenuhi target yang telah ditetapkan.

Itulah tadi ulasan singkat mengenaik Big Data dan bagaimana manfaatnya terhadap kemajuan bisnis dari perusahaan Anda. Sebenarnya masih ada banyak manfaat Big Data lainnya, namun kelima manfaat tersebut setidaknya telah menggambarkan bahwa Big Data memiliki peran yang sangat besar di era digitalisasi seperti sekarang ini.

Slide1

Slide1