Aspek Negosiasi dalam Selling Skills

Secara umum, pengertian negosiasi itu sendiri adalah merupakan bentuk interaksi sosial saat beberapa pihak yang telibat berusaha untuk sama-sama menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Dalam tahap ini, diperlukan diskusi antara pihak yang terlibat untuk mendapatkan kesepakatan yang dimaksud.

Dengan demikian pemenenuhan kepuasan antar pihak yang terlibat bisa tercapai berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat tadi.

Dalam transaksi penjualan proses negosiasi memang kadang diperlukan, dengan catatan dalam pelaksanaan proses negosiasi ini harus benar-benar melalui pertimbangan yang matang sehingga justru tidak akan menimbulkan permasalahan baru dikemudian baru.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para salesman. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya kesalahan yang justru akan berakibat buruk untuk pemaksimalan proses penjualan itu sendiri.

Hal yang seringkali dilakukan oleh banyak salesman adalah ketika mereka melakukan proses negosiasi dengan melakukan pemotongan harga produk. Jika sales sudah terlanjur melakukan pemotongan harga tersebut maka akan sangat sulit untuk bisa mengembalikan harga produk ke harga yang semula.

Padahal ketika anda mempertahankan harga, maka anda telah menegaskan kepada konsumen bahwa harga produk yang anda jual memang sudah pantas dengan harga yang anda tawarkan tadi.

Hal ini bahkan bisa mempengaruhi perspektif konsumen dalam menilai suatu produk. Dan bahkan tidak sedikit konsumen yang justru memilih produk dengan harga tinggi karena mereka percaya bahwa produk yang bagus selalu dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Jika selama ini anda seringkali beranggapan bahwa negosiasi adalah diskon, maka anda telah salah. Bagaimanapun juga jika anda menyepakati suatu diskon maka anda telah menjatuhkan nilai dari produk yang anda jual.

Jika banyak orang yang berfikir bahwa dengan memberikan diskon besar kepada konsumen, anda akan mendapatkan order dalam jumlah yang banyak maka anda perlu mengubah mindset ini. menyimak berbagai informasi mengenai negosiasi bagi salesmen berikut ini akan membantu anda untuk bertindak mendapatkan order yang lebih besar dengan cara penjualan yang lebih baik.

a. Melakukan proses negosiasi degan benar
Setiap orang yang berprofesi sebagai salesman harus benar-benar membekali diri dengan wacana mengenai bagaimana cara menjadi seorang sales yang benar. Salah satunya adalah bagaimana cara melakukan negosiasi dengan para pelanggan sehingga akan memberikan dampak pada keberhasilan transaksi. Dalam tahap negosiasi, seorang salesman memang harus lebih sabar dalam menghadapi konsumen.

b. Hindari berasumsi
Asumsi itu sendir adalah beranggapan sendiri yang kebenarannya belum terbukti dan hal inilah yang seharusnya dihindari oleh para salesman. Asumsi yang seringkali dilakukan oleh para salesmen adalah ketika mereka memberikan diskon kepada konsumen, hal tersebut adalah hal yang paling tepat.

Padahal ada cara lain yang justru lebih bagus untuk diterapkan yakni dengan mengajukan pertanyaan kepada konsumen mengenai hal-hal yang dibutuhkan.

c. Mencoba mengerti kebutuhan konsumen
Dengan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan konsumen, maka produk yang anda jual tidak akan terkesan untuk semata-mata mendapatkan uang tapi juga membantu mereka yang membutuhkan.

d. Memberikan kesempatan konsumen untuk berbicara atau berpendapat
Hal yang seringkali dilupakan oleh salesman adalah ketika mereka menyampaikan informasi kepada konsumen. Dalam hal ini sales lebih banyak menghabiskan tenaganya untuk lebih banyak menguasai pembicaraan, padahal dengan memberikan kesempatan berbicara kepada konsumen maka mereka akan lebih nyaman.

Selain itu, melalui cara ini pihak perusahaan (sales) akan lebih mengerti mengenai berbagai hal yang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh konsumen.

Slide1

Slide1