Cara Menerapkan Strategi Artificial Intelligence dalam Bisnis

Penggunaan teknologi dalam dunia bisnis kini menjadi hal yang biasa. Hal ini berkaitan dengan era digital yang mana hampir setiap kegiatan yang dilakukan tidak lepas dari penggunaan teknologi. Salah satu teknologi yang cukup sering digunakan dalam kegiatan bisnis adalah teknologi AI atau Artificial Intelligence.

Dalam penggunaannya penerapan teknologi AI ditujukan agar mutu layanan dapat ditingkatkan dengan baik, sehingga para pelanggan pun merasa puas dengan setiap layanan yang diberikan.

Berbicara tentang AI apakah Anda paham apa yang dimaksud dengannya? Jika Anda belum mengetahuinya, maka pastikan untuk menyimak penjelasan berikut ini :

Apa itu AI?

AI atau Artificial Intelligence adalah bentuk kecerdasan buatan yang umumnya dibuat dengan sistem komputer. Sedangkan cara kerjanya itu sendiri ditunjukkan melalui sikap atau bahkan tindakan seperti halnya yang dilakukan manusia pada umumnya.

Dengan kata lain setiap tindakan yang dilakukan olehnya itu menggunakan cognition, reasoning hingga bentuk pemecahan masalah yang ditujukan untuk mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diinginkan. Lebih dari itu, sistem kecerdasan buatan ini juga hadir dengan beragam fitur menarik lainnya. Setiap fitur tersebut dapat dioperasikan dan disesuaikan dengan bisnis Anda utamanya pada bagian manajemen inventory.

Kenali manfaat AI

Dalam penggunaannya, AI dikenal dengan beragam manfaat yang luar biasa. Bahkan banyak dari para pengguna yang merasa puas dan nyaman dengan adanya teknologi tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan beragam kegiatan yang tentunya dapat dilakukan dengan lebih mudah. Bahkan penggunaan AI dalam kegiatan bisnis yang Anda lakukan juga dapat membantu menekan biaya pengeluaran.

Selain beberapa manfaat tersebut, masih ada banyak lagi bentuk manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan darinya. Ingin tahu manfaat apa saja? Berikut penjelasannya :

  1. Tingkatkan kinerja

Dalam beberapa kasus permasalahan yang ada di dunia bisnis, kinerja menjadi salah satu hal yang paling sering dikeluhkan. Padahal dengan kinerja yang baik tentunya bisnis yang dilakukan pun akan berjalan dengan lebih baik pula. Karena itulah untuk mencapai hasil kerja yang lebih optimal, AI pun menjadi salah satu teknologi yang paling sering digunakan.

Selain dapat meningkatkan kinerja dengan baik, kombinasi dari penggunaan AI dengan manusia sebagai tenaga kerja juga dapat memberikan hasil yang jauh lebih baik. Bahkan pekerjaan yang harus dilakukan pun umumnya dapat diselesaikan dalam waktu cepat serta proses produksi pun meningkat dengan lebih aman.

  1. Otomasi kegiatan kerja

Di dalam suatu perusahaan atau kegiatan bisnis yang dilakukan, ada beberapa di antaranya yang masih melakukan pecatatan stok barang dengan cara manual. Tidak hanya itu, sistem Inventory Tracking pun umumnya masih dilakukan dengan cara terpisah. Hal tersebut tentunya sangat merepotkan dan tidak efektif untuk dilakukan.

Sedangkan dalam beberapa kasus, ada pula perusahaan yang menuntut agar sistem yang dimilikinya diubah dengan menggunakan sistem digital savy. Karena beberapa hal tersebutlah maka sistem otomasi perusahaan pun harus mulai dilakukan. Hal ini umumnya dilakukan dengan menggunakan teknologi AI. Dengan demikian setiap hal yang berkaitan dengan kegiatan bisnis pun dapat dilakukan dengan lebih baik dan efisien tentunya.

  1. Hindari human eror

Human eror menjadi salah satu hal yang seringkali terjadi dalam kegiatan bisnis. Hal ini umumnya ditandai dengan beberapa kesalahan, seperti halnya kesalahan input data. Selain menjadikan hasil yang dituju menjadi tidak akurat. Kesalahan tersebut juga dapat menimbulkan dampak lain yang lebih berbahaya, baik itu bagi perusahaan atau bahkan bagi para pekerjanya itu sendiri.

Merujuk pada hal tersebut, penggunaan AI pun mulai dimaksimalkan. Hal ini terlihat melalui beberapa teknologi yang dapat menghindari human eror dengan menggunakan sistem AI. Seperti halnya pada teknologi fingerprint detektor, pattern identification, atau bahkan face rekognition. Beberapa jenis teknologi tersebut hadir dengan sistem AI yang tentunya dapat Anda gunakan untuk menghindari kesalahan yang dilakukan oleh manusia.

Cara penerapan AI dalam bisnis Anda

Hadir dengan beragam manfaat yang luar biasa, tidak heran jika kemudian AI pun sebaiknya digunakan dalam kegiatan bisnis Anda. Pasalnya dengan menggunakan AI, maka setiap kegiatan bisnis pun dapat dilakukan dengan lebih optimal. Namun bagaimana kiranya penerapan sistem AI dalam bisnis yang tengah Anda lakukan? Simaklah penjelasannya berikut ini :

  1. Otomasi Inventory monitoring

Cara pertama yang dapat Anda lalukan dalam memanfaatkan AI adalah dengan menerapkannya pada bagian inventory monitoring. Bagian tersebut dikenal sebagai bagian yang membutuhkan pemantauan dengan lebih teliti. Hal ini berguna untuk mendapatkan hasil akurat dan harus terhindar dari human eror.

Selain itu, ia juga dapat mengatasi masalah pada bagian Inventory tracking seperti halnya dengan menggunakan barcode scanning sistem yang menjadikan kegiatan tersebut berjalan dengan lebih cepat.

  1. Data mining

Penerapan teknologi AI selanjutnya dilakukan pada data mining. Bagian yang satu ini dikenal sebagai sistem atau teknologi yang dapat mencari tahu terkait apa yang disukai oleh para pelanggan, termasuk minat yang dimilikinya. Dengan mencari tahu hal tersebut, Anda selaku pebisnis pun dapat melakukan analisa dan menyesuaikan setiap produk yang Anda hasilkan agar lebih sesuai dengan apa yang diminati dan disukai pelanggan. Dengan demikian hasil produksi pun dapat dipasarkan pada target yang tepat dan mencapai hasil maksimal dengan kepuasan pelanggan yang luar biasa.

  1. Robot automation

Bagian paling akhir yang dapat dilakukan oleh teknologi AI adalah penerapannya pada robot automation. Dengan adanya robot tersebut, pengecekan stok barang yang masih ada dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan hal tersebut tidak perlu dilakukan secara langsung. Karena pengecekan pun dapat dilakukan dengan jarak jauh sekali pun.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai informasi dasar, manfaat serta penerapan teknologi AI  yang kini mulai banyak digunakan pada kegiatan bisnis.

Slide1

Slide1