Cara Menyusun Laporan Keuangan yang baik dan Benar

Dalam sebuah organisasi, terdapat salah satu bidang atau bagian yang mempunyai peran yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan organisasi dan juga dalam menunjung keberhasilan sebuah organisasi alam mencapai suatu tujuan organisasi. Ya, bagian tersebut ialah bagian keuangan.

Pada dasarnya bagian keuangan dalam sebuah organisasi atau sebuah perusahaan ialah bagian yang mengatur, mengelola dan dan menggunakan semua sumber daya yang Anda di dalam sebuah organisasi, termasuk aset dan harta perusahaan, utang dan piutang perusahaan, dan juga kas yang ada di dalam organisasi.

Dengan demikian tentu fungsi dari bagian keuangan di dalam sebuah organisasi tentunya akan membuat kontribusi yang sangat besar.

Namun demikian, untuk menjadi bagian keuangan dalam sebuah organisasi tentu harus mempunyai beberapa keahlian dan kualifikasi yang terkait dengan bagian tersebut, dan salah satu tugas dari bagian keuangan dai dalam sebuah organisasi ialah dengan membuat sebuah laporan keuangan.

Apa itu Laporan keuangan?
Pada dasarnya lapor keuangan dibuat untuk dijadikan sebagi bukti atas penggunaan dana serta keadaan dan kondisi dana keuangan yang sedang dimiliki oleh setiap perusahaan atau setiap organisasi.

Dengan demikian dengan laporan keuangan tentu dapat dijadikan sebuah alat untuk menggambarkan dan mengukur peningkatan atau bahkan penurunan kinerja sebuah organisasi dalam suatu periode tertentu.

Dengan betapa pentingnya sebuah laporan keuangan tersebut tentunya laporan keuangan akan menjadi prioritas utama yang dikerjakan oleh bagian keuangan sebagai bentik tanggung jawab atas kinerja dan tugas dari bagian keuangan. Namun demikian, untuk membuat laporan keuangan dalam sebuah perusahaan tentu bukanlah suatu perkara yang mudah.

Hal tersebut dikarenakan bahwa untuk membuat sebuah laporan keuangan yang baik diperlukan keahlian dan kualifikasi di bidangnya,. Selain itu untuk membuat laporan keuangan inti jelas membutuhkan sebuah ketelitian dan kecermatan yang sangat tinggi tanpa adanya satu pun kesalahan yang dibuat. Oleh karenanya ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan oleh bagian keuangan dalam sebuah organisasi dalam membuat sebuah laporan keuangan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Menyusun Neraca Saldo
Salah satu cara menyusun laporan keuangan yang baik dalam sebuah organisasi ialah dengan menyusun neraca Saldo, yaitu suatu daftar atau catatan rekening yang berasal dari buku besar, yang berupa angka debet dan angka kredit. Untuk membuat neraca saldo ini harus dilakukan dengan pencatatan masing-masing semua jurnal yang ada di buku besar.

Neraca saldo ini berisi tentang alur keuangan yang digunakan untuk mengecek debit dan kredit.

Pengumpulan Data Untuk Membuat Jurnal Penyesuaian
Kemudian cara menyusun laporan keuangan yang baik dalam sebuah organisasi selanjutnya ialah mengumpulkan data yang diperlukan untuk membuat jurnal penyesuaian.

Data yang dimaksud dalam hal ini ialah berupa transaksi yang sudah tercatat, maupun transaksi yang belum tercatat, atau transaksi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya pada akhir periode, sehingga, data tersebut dikumpulkan untuk membuat jurnal penyesuaian.

Menyusun Neraca jalur atau Worksheet
Kemudian cara menyusun laporan keuangan yang baik dalam sebuah organisasi yang selanjutnya ialah dengan menyusun neraca jalur atau worksheet. Neraca jalur atau yang lebih dikenal dengan kertas kerja ini merupakan suatu cara yang digunakan untuk memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan yang dimulai dari neraca saldo yang disesuaikan dengan data yang diperoleh dari jurnal penyesuaian yang kemudian disusun ke dalam neraca laba dan neraca rugi.

Menyusun Laporan Keuangan dan Penutupan Rekening
Kemudian cara menyusun laporan keuangan yang baik dalam sebuah organisasi selanjutnya ialah dengan menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan di sini terdiri dari laporan laba dan laporan rugi, serta laporan perubahan modal. Di mana laporan tersebut dapat dilakukan dengan neraca jalur yang kemudian diubah bentuknya menjadi laporan yang lebih mudah di akses dan diolah.

Selain itu, untuk cara menyusun laporan keuangan yang baik dalam sebuah organisasi selanjutnya ialah menyesuaikan dan penutupan rekening, kegiatan ini dilakukan setelah rekening yang ada di dalam buku besar telah disesuaikan.

Dengan ditutupnya rekening nominal ke rekening laba rugi, maka selanjutnya ialah dilakukannya pembukuan atas informasi yang berasal dari laporan keuangan ke dalam rekening yang bersangkutan.

Slide1

Slide1