Cara Paling Efektif untuk Mengembangkan Budaya Inovasi

Proses inovasi merupakan tahapan yang dilakukan oleh usahawan dalam rangka menciptakan sesutu yang baru dan bisa dipasarkan.

Proses itu sendiri merupakan hasil dari pencarian, pemikiran, penelitian, petimbangan, dan berbagai proses pendukung lainnya hingga akhirnya suatu inovasi benar-benar merupakan sesuatu yang dianggap baru dan unik oleh masyarakat.

Hasil dari inovasi itu sendiri seharusnya merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga akan memberikan input yang lebih banyak pada perusahaan.

Tahapan yang penting pada setiap proses inovasi yang dilakukan oleh perusahaan, seharusnya inovasi tersebut bersifat lebih sederhana dan fokus.

Hal ini merupakan faktor yang paling banyak disukai oleh konsumen, sehingga akan memberikan peluang yang lebih besar dari penjualan produk tersebut di pasaran.

Inovasi yang fokus tersebut akan lebih menuju penerapan yang lebih spesifik, jelas, dan juga design yang lebih cermat.

Inovasi itu sendiri sangat erat kaitannya dengan ide ataupun kreativitas. Dengan ide yang brilliant serta didukung dengan kraetivitas yang tinggi maka hasil inovasi yang dihasilkan juga akan jauh lebih inovatif dan spektakuler. Ide memang merupakan hal utama dalam menciptakan suatu inovasi yang benar-benar baru dan berbeda.

Meskipun demikian, ide yang muncul tidak bisa begitu saja langsung bisa diterapkan untuk mewujudkan suatu produk. Ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum produk atau hasil ide tersebut berubah menjadi suatu produk inovasi yang bisa lagsung dilpasarakan.

Demi mendukung keberhasilan proses inovasi, seorang innovator memang harus melakukan reset pasar serta berbagai hal yang berkaitan dengan ide inovasi yang akan direalisasikan tadi. Hal ini penting dilakukan untuk menindak lanjuti seberapa besar prospek produk dari hasil inovasi yang akan dikerjakan.

Menggingat tingginya angka persaingan di dunia bisnis, maka setiap usaha yang dilakukan harus benar-benar direncanakan secara matang, sehingga bisa mendatangkan input yang bagus untuk perusahaan.

Hal penting lain yang harus diperhatikan dalam menjalankan proses inovasi adalah kerja keras yang tinggi. Bayangkan saja jika dalam proses ini hanya didukung dengan ide krativitas saja, maka pastinya suatu inovasi tidak akan terealisasi.

Bahkan pentingnya kerja keras dalam mewujudkan suatu inovasi telah dibuktikan oleh seorang ilmuwan yang bernama Thomas Alfa Edison juga mengakui bahwa kerja keras memiliki peran yang jauh lebih besar dari pada ide kreatif.

Dalam mewujudkan suatu inovasi menjadi suatu produk yang luar biasa, maka seorang innovator diharapkan untuk lebih fokus. Fokus dalam artian sebaiknya seseorang yang ingin menciptakan suatu inovasi harus fokus pada satu bidang tertentu. Melalui konsentrasi pada satu bidang tertentu ini sangat diharapkan akan membantu penguasaan materi serta menghasilkan sesuatu yang hebat.

Ada beberapa hal penting yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan dalam mendukung tahap inovasi ini, beberapa diantaranya adalah :

a. Mengidentifikasi proses-proses yang dibutuhkan dalam mewujudkan suatu inovasi

b. Menentukan urutan proses yang perlu dilakukan

c. Menentukan kriteria dan metode proses pada inovasi yang seharusnya dilakukan

d. Memastikan adanya sumber daya dan juga informasi yang dibutuhkan dalam menjalankan proses ini.
e. Memantau serta menindak lanjuti proses inovasi yang dilakukan

f. Mengambil tindakan yang sekiranya diperlukan untuk mencapai proses yang maksimal.

Melalui beberapa hal yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan tersebut mempunyai peran yang besar dalam mewujudkan suatu inovasi yang sangat luar biasa.

Sebagaimana tujuan dari suatu inovasi, inovasi yang ada diharapakan akan membuka peluang besar bagi perusahaan itu sendiri.

Slide1

Slide1