Ketrampilan Komunikasi Persuasif bagi Salesman dan Staf Penjualan

Tahukah anda bahwa komunikasi itu sangat penting bagi penjualan produk dan juga bagi kelangsungan perusahaan anda.

Salah satu bentuk komunikasi yang sangat penting dalam penjualan ataupun kegiatan usaha adalah komunikasi persuasif. Komunikasi dibutuhkan bukan hanya untuk sekedar berbicara dengan satu atau dua orang saja.

Dalam komunikasi tentu mengandung beberapa unsur penting seperti halnya ajakan seseorang kepada orang lain. Komunikasi persuasif ini bisa mempengaruhi seseorang ataupun banyak orang untuk melakukan apa yang dikatakan oleh komunikator. Dalam sebuah promosi kadang seorang komunikator harus mampu membuat orang lain mau membeli apa yang dia tawarkan.

Komunikasi persuasif bisa diartikan sebagai komunikasi yang mampu mengajak komunikannya untuk menjadi atau melakukan apa yang dikatakan komunikator. Seorang komunikator tidak semuanya dikatakan mempropaganda namun mereka berusaha mempengaruhi komunikannya untuk mengubah pola pikir ataupun sikap seseorang. Seorang komunikator harus mampu menyampaikan apa yang akan dia sampaikan dengan baik kepada komunikan.

Agar komunikasi tersebut bersifat komunikasi persuasif maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seorang komunikator agar mereka tidak dikatakan memaksa ataupun mempropaganda komunikannya.

Komunikasi persuasif sendiri sangat bergantung dari komunikan saat mereka menyampaikan pesan atau ajakan kepada orang lain. Komunikasi ini bukan hanya dilakukan dalam bidang politik namun juga dalam penjualan dan bidang lainnya.

Untuk mewujudkan komunikasi persuasif yang baik kepada orang lain, anda sebagai komunikator tidak bisa memaksakan orang lain dalam satu pertemuan tersebut. Komunikasi harus dilakukan dengan baik dan tidak bisa memaksakan orang lain.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam komunikasi persuasif diantaranya:

• Product Knowledge
Dalam berkomunikasi seorang komunikator harus manguasai apa yang akan disampaikan kepada orang lain. Seperti halnya ketika anda harus berpromosi suatu produk maka anda harus menguasa produk yang akan anda promosikan. Saat komunikan bertanya tentang produk anda tentu anda bisa menjawabnya dengan benar.

Produk knowledge ini sangat penting agar orang lain bisa terpengaruh dengan pesan yang anda sampaikan. Jika anda tidak menguasai pengetahuan produk anda maka orang lain kurang percaya dan tidak akan puas dengan pertanyaan yang mereka lontarkan pada anda.

Jika komikator tidak dipercaya oleh orang lain maka produk atau pesan yang disampaikan juga tidak akan didengar oleh orang lain. Pengetahuan dalam komunikasi persuasif sangat penting sehingga seorang komunikator dituntut untuk memperdalam pengetahuannya agar semua orang bisa terpengaruh dengan pesan tersebut.

• Komunikan
Sebelum anda melakukan komunikasi persuasif pada sekelompok orang atau komunikan, ada baiknya jika anda mengetahui karakter dan juga lingkungan sosial dari komunikan tersebut.

Anda harus mengetahui budaya, pendidikan dan juga status sosial mereka dalam masyarakat sehingga ketika anda menyampaikan pesan akan tepat sasaran. Semisal anda akan berkomunikasi dengan masyarakat kelas menengah keatas, maka gaya bahasa anda juga harus dipertimbangkan dengan budaya dan perilaku mereka. Demikian juga ketika anda melakukan komunikasi dengan masyarakat tingkat bawah, gaya bahasa anda pun harus disesuaikan dengan mereka.

• Pesan yang disampaikan
Saat berkomunikasi dengan orang lain, usahakan pesan yang anda sampaikan tidak bertele-tele atau anda bisa menyampaikan pesan secara singkat dan jelas.

Pesan yang anda sampaikan harus bisa dimengerti orang lain dan tepat sasaran dengan bahasa yang mudah dipahami mereka.

• Sarana penyampaian
Dalam komunikasi persuasif juga bisa dilakukan dengan berbagai sarana untuk penyampaian pesannya yang bisa dipilih sesuai dengan karakteristik kelompok tertentu.

Slide1

Slide1