Kiat Ampuh untuk Meningkatkan Supervisory Skills Anda

Maukah anda menjadi supervision skills yang sangat profesional, tentu mau bukan? Saat anda menginginkannya apakah anda yakin mampu mengatasi bawahan yang berbeda karakter dan kemampuan pada perusahaan tersebut?

Menjadi supervision itu penghubung atasan dan bawahan. Kira-kira anda berada ditengah-tengan mereka, anda tidak bisa memilih mana yang harus anda dulukan. Menjadi supervision memiliki beberapa tugas yang komplek.

Supervision ditugaskan atasan untuk mengkoordinasi bawahannya, memberikan bimbingan atau training, membantu pemecahan masalah dan penyelesaian tugas dari pimpinan.

Supervision hampir sama dengan coach dan tentor. Seorang supervision skills diharapkan membantu bawahan agar lebih baik seperti yang diharapkan atasan. Apakah dengan pengalaman dan pengetahuan saja anda sudah bisa menjadi supervision yang hebat?

Supervision skills yang profesional itu tak sekedar menjadi tentor atau memberikan coaching skills pada bawahan.

Dia bisa menjadi sahabat atau teman bagi bawahannya bahkan menjadi saudara. Supervision merupakan seseorang yang memiliki jabatan dibawah pimpinan dan diatas bawahan lainnya yang ditugaskan untuk memberikan pengarahan, mengawasi dan membantu bawahan dalam menjalankan tugas. Leadership skills development.

Jika anda ingin menjadi supervision maka anda harus bisa menjadi teladan bagi bawahan, memiliki ketrampilan dan ilmu yang jauh lebih banyak daripada bawahan, memiliki semangat yang tinggi dan etos kerja yang tingi.

Sebagai contoh, jika anda sebagai supervision skills bermalas malas ria dan anda tunjukkan kemalasan tersebut pada bawahan, pasti mereka juga akan meniru anda. Tapi jika anda rajin dan memiliki etos kerja tinggi, mereka akan mengikuti anda.

Intinya jika anda menjadi supervision maka berikan yang terbaik yang anda miliki dan tunjukkan pada mereka. Nah, kalau anda ingin benjadi supervision skills yang profesional, ikuti langkah berikut:

• Ciptakan suasana kerja yang nyaman
Ketika anda menginginkan pekerjaan terselesaikan dengan baik, ciptakan suasana nyaman dan harmonis dalam lingkungan kerja. Sebagai supervision, anda harus memberikan kenyamanan pada bawahan, jangan memberikan perintah yang berlebihan.

Jika bawahan memiliki masalah dengan rekan kerjanya, segera selesaikan dengan kekeluargaan agar suasana kerja bisa lebih harmonis kembali.

• Jadikan bawahan teman atau sahabat anda
Jika anda menganggap bawahan teman atau sahabat anda, akan lebih mudah bagi anda mengendalikan dan mengawasi mereka. Mereka akan terbuka dan mau menceritakan kendala pekerjaan mereka. Anda akan mudah mengarahkan mereka agar bisa menyelesaiakan masalah yang dihadapi.

• Kenali siapa bawahan anda
Siapa mereka dan bagaimana mereka, itu yang anda butuhkan agar anda bisa lebih mengarahkan mereka lebih baik lagi. Kenalilah karakter, pribadi dan kemampuan bawahan. Dengan lebih mengenal mereka akan lebih mudah bagi anda membimbing dan memberikan informasi penting.

• Jangan terlalu membanggakan diri
Jika anda ingin dihargai bawahan maka jangan terlalu membanggakan diri sendiri, banggakan bawahan anda sekalipun mereka belum seperti anda.

Beri mereka penghargaan atas pekerjaan yang diselesaikan jangan pernah memarahi mereka dengan kata-kata kasar. Supervision skills yang baik bisa memberikan masukan pada bawahan sekalipun mereka bersalah dan tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

• Tunjukkan anda profesional dan peduli pada mereka
Jangan egois jadi supervision itu, jangan asal perintah apalagi mencampur adukkan pekerjaan dengan urusan pribadi. Tunjukkan kalau anda profesional dan memberikan bimbingan terbaik bagi bawahan.

Setiap hal yang membantu penyelesaian masalah mereka, anda dikatakan supervision skills yang profesional.

• Coaching skill
Jadilag seorang yang bisa memberikan bimbingan, arahan dan masukan bagi bawahan sampai kapanpun.

Slide1

Slide1