Kisah Menghilangnya Jack Ma Pendiri Alibaba

Dewasa ini, seluruh dunia sedang dibingungkan dan dikagetkan dengan kabar menghilangnya Jack Ma. Menurut beberapa sumber, Jack Ma tidak benar-benar hilang dari bumi, tetapi lebih dikatakan menghindari publik saat-saat ini. Hal tersebut dilakukan untuk tujuan tertentu yang diperkirakan akan terjadi hingga beberapa waktu kedepan.

Siapa Itu Jack Ma?

Jack Ma dikenal sebagai salah satu orang terkaya di China sekaligus sebagai pendiri raksasa e-commerce Alibaba Group. Namanya juga dikenal sebagai seorang miliader hebat terlebih ketika saat kondisi pandemi dirinya juga memiliki perhatian lebih dalam upaya memberantas COVID-19. Hal tersebut terlihat ketika Jack Ma andil berdonasi perlengkapan-perlengkapan medis ke beberapa negara di Asia Tenggara. Negara-negara yang menerima bantuan perlengkapan medis dari seorang miliader di Cina ini yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Tahiland dengan tujuan semakin mempermudah masyarakat di negara tersebut dalam menangani wabah virus corona. Bahkan, sosok Jack Ma yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para pembaca memberikan bantuan yang tidak cuma-cuma, sebab dirinya memberikan 150 ribu alat tes kit, lebih dari 15 ribu baju pelindung dan pelindung wajah, serta dua juta masker ke negara-negara yang sudah ditargetkan.

Jack Ma juga menyatakan bahwa dirinya akan melakukan donasi di negara-negara di Asia seiring upaya mengatasi pandemi dilakikan dengan menyalurkan donasi melalui dua yayasan. Apa lagi jika bukan yayasan bernama Alibaba Foundation dan Jack Ma Foundation.

Dimana Keberadaan Jack Ma Sekarang?

Berbicara mengenai keberadaan Jack Ma, hingga saat ini tidak ada yang tahu pasti di mana keberadaan sosok miliader tersebut. Namun, David Faber menyatakan bahwa kemungkinan Jack Ma berada di kota yang dikenal sebagai tempat kantor pusat dari Alibaba Group. Yakni suatu kota bernama Hangzhou.

Jack Ma memang sudah tidak tampil dan muncul di hadapan publik semenjak Oktober akhir tahun 2020. Hal tersebut terjedai usai dirinya mengkritik bank pemerintah pada suatu diskusi yang dilakukan secara umum tepatnya di Shanghai, China. Bukan hanya itu, ia juga mengkritik keuangan regulator yang juga berada di China.

Kritikan Jack Ma

Jack Ma mengatakan beberapa pernyataan yang menggemparkan publik khususnya di China. Terlebih ketika dirinya mengungkapkan kritikan tersebut dalam suatu pidato publiknya. Dalam pidatonya, Jack Ma mengkritik pemerintah China yang dianggap ketinggalan zaman. Dirinya juga menuduh peraturan yang ada di China dan sistem keuangan yang ada di negara tersebut merupakan penghambat inovasi.

Slide1

Dalam kata lain, Jack Ma mengkritik kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah China sebab menghambat inovasi bisnis sekaligus menyerukan reformasi berkaitan dengan sistem keuangan, sehingga dalam lanjutan dari pernyataan sosok Jack Ma mengungkapkan bahwa diperlukannya suatu perubahan. Perubahan yang dilakukan tidak lain adalah untuk memperluas layanan-layanan keuangan ke berbagai perusahaan kecil supaya lebih banyak lagi yang terjangkau. Perubahan terhadap layanan keuangan juga diharapkan dapat ditujukan kepada individu berdasarkan teknologi.

Apakah Jack Ma Ditangkap Pemerintah China? Jika Iya, Kenapa?

Kritikan yang dilakukan oleh Jack Ma terhadap pemerintah China tentu membuat banyak pihak berasumsi bahwa dirinya menghilang sebab di tangkap oleh pemerintah China. Terlebih dalam pidato yang ia lakukan terbukti membuat pemerintah China merasa marah dan menganggap kritikan Jack Ma sebagai penyerangan otoritas pada Partai Komunis yang memunculkan tindakan serius terhadap Ant Group sebagai bisnis Fintech milik Alibaba. Bukan hanya itu, China juga melakukan penyelidikan anti persaingan pada Alibaba Group dan penyelidikan monopoli di malam natal serta memerintahkan bisnis tersebut untuk fokus saja dalam fintech.

Dalam suatu acara reality show di televisi Afrika Selatan juga menghapus foto Jacki Ma yang pada saat itu merupakan panelis penjurian acara. Dan setelah ditelusuri, terdapat juru Alibaba yang telah mengungkapkan perihal sosok Jack Ma yang sudah tidak bisa menjadi juri dengan alasan jadwal bentrok padahal dirinya menyatakan tidak sabar ingin bertemu para dengan kontestan.

Bersamaan dengan kejadian-kejadian yang ganjal, Jack Ma tidak melakukan aktivitas di Twitter sebagaimana yang biasa ia lakukan. Di sisi lain, masyarakat semakin dikagetkan perihal munculnya kabar bahwa Jack Ma diperintahkan oleh pemerintah China untuk tidak keluar dari China. Hal tersebut dilakukan dalam kurun waktu investigasi terhadap dirinya. Dalam waktu yang dan keadaan yang cukup menegangkan, juga dilengkapi oleh video yang dikatakan oleh seorang bernama Wengui bahwa Jack Ma memiliki kemungkinan untuk berakhir di dalam penjara dan China ingin mengambil kesuksesan Jack Ma yang dikenal sebagai kekayaan melimpah itu. Sosok Wengui sendiri merupakan sosok yang sudah melarikan diri dari China sebab menjadi buronan pemerintah China. Dengan demikian, tidak heran jika banyak pihak juga mulai berspekulasi terkait nasib Jack Ma yang akan sama dengan orang-orang pengkritik China sebelumnya yakni nahas saat China dipimpin oleh Xi Jinping. Banyak pula yang menganggap bahwa Jack Ma ditahan, maupun ditangkap oleh pemerintah China.

Namun, sebagaimana ungkapan Dafid Faber yang mendapatkan informasi dari sosok anonim, bahwa selain diperkirakan keberadaannya kini di kota Hangzhou, Jack Ma juga tidak ditangkap oleh pemerintah China. Faber juga mengatakan bahwa Jack Ma tidak ditangkap sebab kondisi yang terjadi sekarang ini berbeda dengan Chairman Wu. Setelah kritikan dilontarkan Jack Ma terhadap China, dirinya tidak menghilang sebab ditangkap, melainkan menhindari sorotan publik yang disengaja untuk beberapa waktu kedepan.

Dalam kasus ini, yang dilakukan oleh China adalah memperkuat regulasi bisnis fintech usai kritikan oleh sosok Jack Ma. Tindakan tersebut membuat Ant Group beberapa waktu lalu mengalami kegagalan untuk melantai di bursa.

Slide1

Slide1