Manajemen Waktu – Mengelola Waktu Anda secara Produktif

Anda tahu dan sering mendengar jika orang Indonesia itu semua jam karet, molor dan suka menyia-yiakan waktu. Padahal satu detik itu sangat berharga bagi kita. Sudahkah anda memiliki manajemen waktu yang tepat, pasti belum?

Saya dan anda adalah manusia yang sulit mengendalikan waktu, padahal waktu sangat penting untuk kesuksesan kita.

Yakin anda akan sukses jika menyia-yiakan satu detik saat ini? Mustahil seorang yang sukses besar akan menyiakan waktunya, mereka berusaha untuk memanfaatkan waktu sekalipun waktu tersebut terus berjalan.

Dengan jadwal pekerjaan yang padat seharusnya kita bisa memiliki manajemen waktu yang tepat. Bukan untuk orang lain ataupun saya, tapi memanajemen waktu itu untuk kesuksesan anda sendiri, betul?

Manajemen waktu bisa membuat anda sukses bahkan seribu kali dari kesuksesan sekarang, benarkah? Jika anda tidak mempraktekkannya tentu tidak akan percaya, tapi jarang orang yang bisa memanajemen waktunya sebaik mungkin bahkan seefektif mungkin disela-sela kesibukannya.

Manajemen waktu merupakan cara untuk mengatur waktu seefektif mungkin untuk penyelesaian pekerjaan atau aktivitas setiap hari.

Jadi, mengatur waktu setiap hari itu memang perlu lebih-lebih jika anda ingin sukses. Dengan pekerjaan yang padat dan jadwal yang kadang bertabrakan, apakah mungkin anda tidak lupa salah satu jadwal tersebut? Jika anda memiliki manajemen waktu yang tepat, satu persatu jadwal atau pekerjaan akan terselesaikan dengan mudah.

Apa sih keuntungan anda bisa memiliki manajemen waktu? Kalau anda memanajemen waktu, anda tidak akan menunda lagi pekerjaan yang harus diselesaikan. Sifat manusia memang banyak yang suka menunda pekerjaan apalagi jika mereka merasa jenuh dan banyak aktivitas.

Manajemen waktu akan memprogram prioritas pekerjaan, mengatur aktivitas yang mungkin bisa bertabrakan dan menghindarkan dari kesalahan penggunaan waktu. Lalu bagaimana anda memulai manajemen waktu tersebut, saat bangun tidur atau sebelum tidur malam? Bukan bangun tidur atau saat anda akan tidur malam, manajemen waktu bisa anda lakukan setiap saat.

Berikut tips manajemen waktu yang bisa anda lakukan setiap hari:

Buat jadwal kegiatan
Satu hal yang bisa memudahkan anda beraktivitas dan memanfaatkan waktu dengan tepat, buatlah catatan kegiatan anda dalam satu hari setiap hari. Dengan catatan tersebut anda akan mudah menjalankan pekerjaan atau aktivitas tanpa meninggalkan aktivitas lainnya karena kendala waktu. Cukup mudah membuat catatan kecil, jadwal kegiatan dalam satu hari dengan pengaturan waktu yang seefisien mungkin.

• Prioritaskan pekerjaan yang lebih penting
Sekalipun anda membuat jadwal kegiatan dalam sehari, prioritaskan pekerjaan yang dirasa paling penting kemudian penting dan biasa saja. Dengan mendahulukan kegiatan yang penting anda lebih memanajemen waktu lebih baik.

• Luangkan waktu setidaknya 30 menit untuk beristirahat
Manajemen waktu yang baik juga harus memprioritaskan diri sendiri, jangan biarkan kesibukan menggangu istirahat anda. Sebisa mungkin anda memberikan kebebasan pada diri sendiri untuk beristirahat dan memanjakan diri.

• Jangan takut menolak
Jika anda membuat manajemen waktu yang tepat, saat anda menyelesaiakn tugas jangan pernah takut menolak hal yang akan menggangu pekerjaan anda. Kadang anda dihadapkan pada kemalasan atau keinginan untuk bersama orang lain. Katakan tidak dan selesaikan pekerjaan tepat waktu.

• Konsentrasi
Saat memanfaatkan waktu yang efektif berusahalah untuk konsentrasi pada pekerjaan yang anda kerjakan. Jika perlu matikan Hp atau hal yang bisa membuat anda terganggu. Dengan demikian anda akan memanfaatkan waktu dengan baik.

Slide1

Slide1