Pengertian Manajemen Operasi dan Manajemen Produksi

Seiring berkembangnya dunia bisnis, persaingan antar perusahaan menjadi sangat ketat dan manajemen memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan suatu perusahaan.

Tanpa manajemen atau pengelolaan yang baik, perusahaan akan dengan mudah mengalami masalah internal yang kemudian akan menggerogoti perusahaan dan mengakibatkan kehancuran perusahaan itu sendiri walaupun produk yang mereka tawarkan merupakan produk berkualitas tinggi. Salah satu manajemen yang sangat penting dalam perusahaan adalah manajemen operasi.

Apakah itu dan bagaimana peranan manajemen operasi bagi perusahaan dan juga bagi para pekerja yang ingin meningkatkan karirnya di bidang manajemen operasi?

Beberapa ahli membuat definisi yang berbeda-beda tentang manajemen operasi tetapi masing-masing definisi tersebut memiliki jiwa yang sama.

Secara garis besar, manajemen operasi adalah suatu proses pengelolaan pada suatu organisasi atau perusahaan yang meliputi perencanaan, pengaturan, pengearahan, dan pengawasan suatu proses operasi yang menyangkut proses produksi suatu produk yang menambahkan nilai pada produk dan atau menciptakan manfaat baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Selain itu manajemen operasi dapat diartikan sebagai suatu aktivitas manajemen dalam perusahaan yang berhubungan dengan operasi dan transformasi dalam membuat suatu keluaran yang lebih bernilai daripada masukannya.

Manajemen operasi memiliki beberapa elemen yaitu aktivitas manajemen, konsep masukan dan keluaran, indikator proses, efektivitas, dan efisiensi.

Masing-masing elemen tersebut sangat penting dalam aktivitas manajemen operasi yang akan menentukan hasil akhir yang baik atau buruk yang tidak hanya dinilai dari kualitas produk tetapi juga efisiensi biaya, efektivitas proses, tingkat keamanan baik dalam proses produksi dan dampak bagi lingkungan, dan juga tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk tersebut.

Ruang lingkup manajemen operasi pada dasarnya terdiri dari dua hal yaitu perancangan dan pengorperasian sistem produksi dan operasi. Perancangan operasi meliputi perancangan desain produk dan proses yang dilanjutkan dengan penyeleksian pada rancangan tersebut.

Kemudian, perancangan ini juga meliputi pemilihan lokasi, perancangan tata letak, perancangan arus kerja, perancangan tugas, dan strategi yang diperlukan dalam menjalankan operasi suatu perusahaan. Sedangkan pengoperasian sistem operasi meliputi penyusunan rencana operasi, perencanaan pengadaaan bahan, pengendalian pengadaan dan persediaan bahan, pemeliharaan peralatan yang digunakan, pengendalian mutu, dan pengelolaan sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan.

Sekilas, manajemen operasi terlihat hanya berguna untuk perusahaan manufaktur atau perusahaan yang membuat suatu produk fisik.

Namun, pada dasarnya, manajemen operasing merupakan hal penting baik pada proses produksi suatu produk maupun jasa. Hal ini disebabkan oleh manajemen operasi yang memberikan pandangan secara luas dan sistematik pada proses-proses operasi yang terjadi dalam perusahaan, termasuk proses operasi pembuatan jasa dan meningkatkan nilai jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.

Konsep pada manajemen operasi ini juga sangat berguna dalam mengimplementasikan manajemen dalam bidang lainnya yang didalamnya terdapat suatu proses.

Oleh karena manajemen operasi sangatlah penting dalam menjalankan suatu perusahaan, para pemilik perusahaan membutuhkan ahli-ahlli dalam bidang manajemen operasi yang akan bertanggung jawab atas proses operasi yang ada dalam perusahaan.

Bahkan jabatan yang ditawarkan dapat sangat menggiurkan seperti manajer operasi dan direktur operasi.

Oleh karena itu, para pekerja yang ingin meningkatkan karirnya dapat mengingkatkan pengetahuannya tentang manajemen operasi dengan menempuh pendidikan seputar manajemen operasi. Para siswa yang masih belum yakin dengan masa depannya, dapat memilih pendidikan manajemen operasi sebagai bekal yang menjanjikan karir yang cukup baik di masa depan. Di Indonesia sendiri masih belum banyak ahli-ahli manajemen operasi sehingga karir dalam bidang ini sangat menjanjikan.

Slide1

Slide1