Strategi Customer Service untuk Meningkatkan Penjualan

Konsumen akan merasa nyaman ketika mereka merasa telah menemukan apa yang mereka butuhkan. Menjalin komunikasi melalui hubungan yang baik dengan konsumen merupakan salah satu cara jitu untuk mempertahankan mereka menjadi konsumen tetap.

Bahkan salah satu survey telah membuktikan bahwa hubungan yang terjalin baik antara penjual dan pembeli memiliki keberhasilan dengan presentase yang mencapai 95%. Melalui customer service untuk sales force, tidak heran jika solusi ini merupakan suatu strategi penjualan yang tepat untuk meningkatkan input perusahaan.

Berbicara tentang strategi penjualan, customer service untuk penjualan juga merupakan bagian dari strategi penjualan yang cukup bagus. Perusahaan yang menerapkan strategi ini maka mereka akan lebih banyak mendapatkan konsumen.

Karena bagaimanapun juga, konsumen akan lebih nyaman jika selama penggunaan produk, ada pihak yang bertanggung jawab terhadap produk yang mereka gunakan. Sehingga ketika terdapat masalah yang terkait dengan produk konsumen bisa lansung melakukan konsultasi dengan pihak perusahaan melalui customer service.

Hal ini sesuai dengan tujuan dari adanya customer service untuk sales force. Yang mana tujuan tersebut dintaranya adalah sebagai bentuk tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaan jika ternyata sewaktu-waktu terdapat masalah pada produk yang dijual, untuk memberikan berbagai informasi mengenai perusahaan dan produk, untuk membantu meningkatkan penjualan, untuk memberikan pelayanan kepada konsumen secara lebih efisien, sebagai strategi bisnis yang bagus.

Berdasarkan berbagai manfaat dari customer service itu sendiri, maka perusahaan sangat membutuhkan tenaga kerja dalam bagian ini.

Sayangnya peran penting dari customer service seringkali dianggap sepele oleh banyak perusahaan. Banyak yang telah beranggapan bahwa seorang customer service itu sendiri merupakan bagian yang tidak penting. Bahkan pelatihan yang memang diperlukan seringkali dianggap sebagai bentuk pemborosan dana perusahaan.

Padahal jika pengelola perusahaan mau untuk merubah mindset mereka, banyak keutungan dari customer service sebagai strategi penjualan dan hal ini telah banyak dibuktikan efisiensinya.

Berikut ini adalah tips yang perlu dilakukan oleh perusahaan dalam mewujudkan customer service yang benar-benar bermanfaat untuk sales force:

a. Melakukan rekrutmen terhadap customer service dengan tepat
Mengingat pentingnya peran customer service untuk sales force, maka perusahaan memang tidak seharusnya melakukan rekrutmen secara asal-asalan. Bagaiamanapun juga customer service yang berkualitas akan berdampak pada kepuasan pelayanan konsumen.

b. Melakukan pelatihan
Sebagai langkah untuk membangun suatu organisasi yang mampu bersaing, maka pastinya perusahaan harus mempersiapkan diri dengan memiliki SDM yang berkualitas pula. Jika anda ingin memajukan perusahaan anda jangan pernah menganggap pelatihan sebagai bentuk pemborosan karena hal ini justru akan menghambat keberhasilan dari sales force itu sendiri.

c. Memberikan gaji yang sesuai dengan pekerjaan
Menjadi seorang penjual produk memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Dengan memberikan gaji yang sesuai dengan pekerjaan customer service, hal ini akan menjadi motivasi tersendiri sehingga mereka akan berkerja dengan baik untuk mensukseskan tugas sales force.

Untuk mensukseskan perusahaan, tidak hanya customer service saja yang harus memiliki kualitas, tapi juga bagian sales force. Dalam bagian ini design sales force sangat diperlukan mengingat hal ini akan semakin mendekati tahap implementasi. Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah menyusun struktur sales force.

Menentukan jumlah sales juga merupakan bagian yang harus dieprhitungkan secara benar. Selain itu menciptakan value pada produk yang sesuai juga merupakan bagian dari strategi penjualan.

Berbagai aspek tersebut merupakan hal penting sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Sedangkan orientasi yang lain adalah untuk membantu perusahaan mencapai keberhasilan besar melalui penjualan produk yang berhasil.

Slide1

Slide1