Strategi untuk Rekrutmen Sales Force yang Handal

Seorang sales dalam suatu perusahaan sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Namun banyak perusahaan yang salah memilih sales untuk pemasaran produk. Rekrutmen tenaga sales yang handal harus dilakukan dengan tepat jika anda tidak ingin membuang biaya cuma-cuma.

Tenaga sales yang handal sangat membantu dalam penjualan perusahaan namun jika anda salah memilih sales, hal ini bukan hanya membuang biaya namun juga menghambat penjualan perusahaan.

Rekrutmen tenaga sales yang handal memang sulit bagi perusahaan sehingga sebagian besar perusahaan harus memberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan penjualan sales mereka.

Dalam suatu perusahaan sales berperan untuk memasarkan produk dan mereka dituntut mampu mempengaruhi banyak orang . Saat anda merekrut mereka tentu anda tidak tahu apakah mereka berpotensi ataukah tidak. Kadang seorang calon karyawan yang memiliki nilai akademik yang tinggi belum tentu mereka bisa menjadi sales yang handal.

Kebanyakan perusahaan hanya mempertimbangkan nilai akademik atau pendidikan seorang pelamar padahal masih banyak hal yang harus dipertimbangkan perusahaan terutama dalam merekrut sales.

Dari fungsi seorang sales yang bisa merayu orang lain untuk membeli produk tentu saja anda harus mempertimbangkan ketrampilan berkomunikasi mereka. Inilah yang sering menjadi masalah perusahaan dalam rekrutmen tenaga sales yang handal.

Pada dasarnya rekrutmen tenaga sales yang handal itu bukan hanya dilihat dari pendidikannya saja namun yang penting dari sikapnya dan dari sifatnya. Sales harus memiliki mental yang kuat dan pantang menyerah. Kendala terbesar seorang sales ketika berada dilapangan sangat banyak sehingga mereka harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapai konsumen.

Sales juga tidak hanya mampu menjual produk tapi mereka juga harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen. Kepuasan konsumen adalah segalanya dan sales harus bisa memberikan pelayanan yang baik pada konsumen bukan hanya menjual produk saja.

Untuk melakukan rekrutmen tenaga sales yang handal ada beberapa hal yang bisa anda cermati seperti berikut ini:

• Rekomendasi karyawan
Anda bisa memilih sales yang direkomendasikan oleh karyawan anda sendiri seperti teman, saudara atau tetangga karyawan anda. Cara ini lebih efektif karena akan membangun mitra kerja yang baik dalam perusahaan. Jika sales yang direkomendasikan tidak bisa bekerja dengan baik tentu karyawan yang merekomendasikannya akan membantu untuk memperbaiki kinerja rekannya.

• Psikotes
Melalui serangkaian tes khusus atau psikotes anda bisa menyimpulkan bagaimana kemampuan seorang yang akan anda rekrut.

Namun dalam hal ini pendidikan, usia dan kemampuan mereka dalam menjawab semua tes tersebut bukanlah jaminan mereka bisa menjadi sales yang handal. Seorang sales yang handal harus memiliki jiwa yang pantang menyerah, kemauan tinggi dan mau bekerjasama dengan orang lain.

• Pengalaman kerja
Dalam rekrutmen tenaga sales anda juga bisa mempertimbangkan pengalaman kerja calon sales. Lihatlah beberapa surat rekomendasi kerja mereka dan jika perlu anda bisa menanyakan kemampuan calon sales kepada atasan mereka terdahulu. Hal ini penting agar anda tahu sejauh mana mereka bisa menjadi seorang sales.

• Wawancara
Dalam rekrutmen karyawan tentu ada yang namanya wawancara. Wawancara bukanlah sekedar ngobrol dan negosiasi gaji saja namun dari wawancara anda bisa tahu bagaimana kepribadian mereka selain dilihat dari penampilan dan cara berbicara mereka.

Dengan menggunakan cara-cara diatas anda bisa mendapatkan tenaga sales yang handal untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Karena peran sales sangat besar untuk meningkatkan pendapatan perusahaan anda maka pilihlah sales terbaik bagi perusahaan.

Slide1

Slide1